The Effort to
Increase the Student’s Motivation
In
Mathematics Learning with Some Teaching Aids in Junior High School 5 Wates,
Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
By: Dr.
Marsigit M.A & Ida Supadmi
Reviewed by:
Fikri Hermawan
Keberhasilan
proses belajar mengajar matematika tidak jauh dari peran guru sebagai
informator, komunikator, dan fasilitator. Metode mengajar yang digunakan oleh
guru bisa berupa intervensi interaksi antara guru, siswa, dan prestasi belajar.
Sampai sekarang, kita masih mendengar banyak siswa yang mengeluh bahwa
matematika dipandang sebagai subjek menakutkan, tidak menarik, dan sulit untuk
dilakukan, juga tidak banyak yang dapat direalisasikan dalam kehidupan
sehari-hari. Hal ini dibuktikan oleh hasil Ujian Nasional yang masih lebih rendah
dari yang diharapkan, meskipun masih ada banyak siswa menyukai matematika yang
ditunjukkan dengan prestasi yang baik.
Salah satu
upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di
Sekolah Menengah Pertama adalah dengan membuat pembelajaran matematika menjadi
menyenangkan, menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan
memaksimalkan penggunaan beberapa alat bantu pengajaran dan alat untuk
demonstrasi diharapkan dapat membantu proses abstraksi siswa, yang meliputi
kesulitan siswa dalam belajar.
Sikap siswa
dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal (Winoto Putro,
1993:33). Serupa dengan aktivitas, siswa dalam proses belajar-mengajar juga
dipengaruhi banyak oleh dua faktor di atas. Pada faktor eksternal pada siswa,
guru harus memiliki untuk memotivasi siswa terkait dengan skema bimbingan Ki
Hajar Dewantoro kata-kata "Ing Madyo Mangun Karso" yang berarti guru
yang harus mendorong motivasi siswa (Mugiharso, 1993). Berarti guru yang harus
kreatif dalam meningkatkan motivasi siswa. Siswa SMP berada di usia antara 12 -
15 tahun. Berdasarkan perkembangan kognitif dari Peaget, usia ini milik operasi
formal. Akuisisi pada tingkat ini muncul dari ide-ide untuk membandingkan,
mendiskusikan dan membuat kesimpulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar