PHILOSOPHICAL EXPLANATION ON MATHEMATICAL EXPERIENCES OF THE FIFTH GRADE STUDENTS
By: Dr. Marsigit, M.A.
Reviewed by: Fikri Hermawan
Tingkat diskusi filosofis memiliki karakteristik tersendiri seperti
kebutuhan untuk cross-check serta membandingkan dengan beberapa titik pandang
independen, untuk membangun teori umum tentang subjek terkait. Mackenzie, JS,
(1917), menyatakan bahwa filsafat harus memperhatikan hasil penyelidikan umum
dari semua ilmu sebagai usaha untuk membangun sebuah teori umum. Untuk mencapai
tujuan, penulis menggunakan beberapa pendekatan filosofis seperti interpretasi,
coherences internal, idealisasi, perbandingan, analogi dan deskripsi.
Berdasarkan pendekatan-pendekatan, penulis menyesuaikan Hermenetics Greimas
Struktural Analyses untuk menunjukkan hubungan antara komponen-komponen
pengajaran penomoran desimal dengan materi fisik seperti yang dilakukan sebagai
bagian dari penelitian Kaye Stacey dkk.
Penelitian ini telah memberikan peneliti wawasan ke dalam peran yang
berbeda dari ketaatan epistemis dan aksesibilitas bahan pembelajaran fisik.
Para peneliti berpendapat bahwa ketaatan epistemis diperlukan untuk mengajar
yang baik didasarkan konsep dengan model, sedangkan aksesibilitas mempromosikan
keterlibatan kelas. Ketaatan epistemis dan aksesibilitas memiliki peran yang
berbeda dalam pembentukan transparansi. Dari semua temuan tersebut, penulis
berusaha untuk mengembangkan metode untuk mengungkap apa yang ada di balik
konsep-konsep. Lebih dari semua itu, kita menganggap untuk status pengetahuan
matematika yang dimiliki siswa dihasilkan dengan memanipulasi bahan fisik, dalam
skema dari Greimas Struktural Hermenetics Analyses.
Jika perbedaan antara dua jenis persepsi masih mitos, maka kita
masih bisa berdebat pada status pengetahuan matematika. Seperti diakui oleh
para peneliti bahwa beberapa bahan manipulatif dapat mengganggu salah tafsir
dan terbuka, bisa menjelaskan dengan teori doubleaffection karena fakta bahwa
para guru sudah akrab dengan konsep-konsep yang disajikan. Penulis memandang
bahwa gagasan Kant tentang penampilan dalam diri mereka dan hal dalam diri
mereka sendiri berguna untuk menjelaskan masalah visibilitas dan atau tembus
dari perangkat mekanik.
Penulis menekankan bahwa konteks yang berbeda, yaitu dalam jangka waktu
dan ruang seperti yang diberitahukan oleh Kant, dapat mempengaruhi persepsi
siswa dari objek. Oleh karena itu, guru perlu untuk membuat orang-orang di
sekitar siswa semacam faktor sebagai pendukung satu dalam belajar mengajar
matematika. Hubungan antara fitur dari perangkat dan pengetahuan target sangat
intensif akan dibahas oleh Kant dalam Critical of Pure Reason. Teori umum dari
aspek proses belajar mengajar matematika adalah untuk mengejar dalam jangka
waktu hubungan siswa sebagai bahan subyek dan fisik sebagai obyek dalam skema Hermenetics
Greimas Struktural Analyses. Upaya untuk mengejar hubungan tersebut akan
menentukan tingkat kualitas sudut pandang filosofis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar